IDENTIFIKASI POTENSI USAHA MIKRO DI DESA SEJAHTERA KECAMATAN SIMPANG EMPAT

IMG-20180125-WA0013 IMG-20180125-WA0018

Batulicin, 25 Januari 2018

Usaha mikro merupakan elemen penggerak roda perekonomian yang sangat penting mengingat usaha mikro merupakan elemen yang tidak terkena dampak dari melemahnya perekonomian global sekarang ini. Oleh sebab itu penting kiranya bagi pemerintah dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Tanah Bumbu untuk memberikan perhatian khusus dalam bentuk pendataan dan pembinaan bagi para pelaku usaha mikro di wilayah kabupaten Tanah Bumbu.

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro memiliki agenda besar dalam hal pendataan pelaku usaha mikro di kabupaten Tanah Bumbu. kegiatan identifikasi ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai usaha mikro mulai dari nama produk, kemampuan produksi, omset, kemasan, pemasaran, dan permasalahan yang selama ini dialami oleh mereka. Permasalahan inilah yang nantinya menjadi dasar tindak lanjut dari dinas-dinas terkait untuk melaksanakan pembinaan kepada para pelaku usaha mikro tersebut.

Identifikasi usaha mikro di desa Sejahtera ini dilaksankan oleh tim penggerak swadaya masyarakat (PSM) berasama Kasi Pembinaan Usaha mikro disnakertranskopum. Identifikasi dimulai dengan koordinasi dengan pihak pemerintah desa sejahtera untuk menggali informasi mengenai para pelaku usaha mikro. selanjutnya Tim identifikasi berkoordinasi dengan pengurus Koperasi Usaha Mikro di desa sejahtera untuk meminta pendampingan dalam pendataan usaha mikro di wilayah desa sejahtera. adapun daftar pelaku usaha mikro yang teridentifikasi dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Usaha Mikro Ma-Har

SAM_4260    SAM_4275    SAM_4269

Usaha mikro Ma-Har merupakan usaha mikro yang bergerak dibidang pengolahan ikan laut menjadi produk nugget, bakso, kaki naga,Stik tulang ikan, dan Pangsit. Produk olahan Ma-Har memiliki kualitas rasa yang dapat bersaing dengan produk olahan ikan tingkat nasional. Dengan pengemasan produk yang tergolong moderrn, produk-produk Ma-Har sudah bisa masuk ke pasar-pasar modern seperti minimarket yang sudah menjamur di wilayah kabupaten Tanah Bumbu. untuk produk stik tulang ikan sendiri sudah pernah memenangi perlombangan produk usaha mikro tingkat nasional. Produk Ma-Har berupa nugget, pangsit, baksi, dan kaki naga di jual di pasaran dengan harga Rp. 25.000,-/bungkus, dengan kapasitas produksi rata-rata sekitar 3000 bungkus/ bln.

2.  Usaha Mikro Kerupuk Amplang Mama Nurul

SAM_4288 SAM_4289

Usaha mikro mama nurul merupakan produk usaha mikro berupa kerupuk amplang dengan bahan dasar ikan tenggiri. Produk kerupuk amplang mama nurul ini dijual dengan harga Rp. 5000,-/bks, dengan produksi rata-rata 500 kg ikan / bln, dengan nilai omset rata-rata sekitar Rp 5.000.000,-/bln. Produk kerupuk amplang ini memiliki cita rasa khas ikan tenggiri dengan tekstur kerupuk yang cukup lembut tetapi tetap renyah.

3. Usaha Mikro Kerupuk Amplang Ayu

SAM_4282 SAM_4294

Usaha mikro Ayu merupakan usaha mikro yang memproduksi bahan olahan kerupuk berbahan dasar ikan tenggiri. Produk ini dijual dalam berbagai ukuran mulai dari yang kecil, sedang hingga yang memakai bungkus karton untuk ukuran yang paling besar. Produk ini telah dijual secara langsung baik di rumah pelaku usaha maupun dititipkan di toko-toko pinggir jalan. Produk ini juga memiliki rasa yang khas dan layak bersaing dengan produk-produk sejenis lainnya.

4. Usaha Mikro Kerupuk Usna

SAM_4298 SAM_4299

Usaha mikro Kerupuk Amplang Mama Usna merupakan usaha mikro yang memiliki rasa khas ikan tenggiri yang sangat renyah dengan tingkat kelembutan pas. produk ini dijual dengan harga Rp. 5.000,-/bungkus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *