Welcome to Desa Danau Indah

14906809

Kecamatan Batulicin terdiri dari 2 Kelurahan (Batulicin dan Gunung Tinggi) serta 7 Desa (Sukamaju, Maju Bersama, Maju Makmur, Kersik Putih, Segumbang, Polewalimarajae dan Danau Indah) diantara 7 desa tersebut yang masih tertinggal adalah desa danau indah atau yang dulunya dikenal dengan desa batu bahalang. Desa ini terkenal dengan lokasi pemancingan yang cukup strategis (Terutama ikan papuyunya yang cukup terkenal).

 

Berdasarkan data profil desa tahun 2017, luas wilayah desa ini 4.400 Ha dengan jumlah penduduk 423 jiwa. Berdasarkan data Geografis luas wilayah ini terdiri dari :

  1. Lahan Sawah =      50 Ha
  2. Lahan Ladang =    100 Ha
  3. Lahan Perkebunan = 4.000 Ha
  4. Lahan Perternakan = 100 Ha
  5. Hutan        =    100 Ha
  6. Danau/Waduk  =      50 Ha

Komuditas unggulan adalah kebu sawit, tapi sekarang banyak kebun sawit yang kena HGU PT KAM. Jadi, potensi desa yang dapat dikembangkan adalah sawah, ladang, perternakan, dan perikanan. Akan tetapi sawah, ladang dan perternakan semakin hari lahannya bisa beralih fungsi, jadi potensi yang bisa dikembangkan adalah di sektor budidaya ikan.

Terlepas dari itu, sarana dan prasarana yang ada di desa tersebut : puskesmas pembantu 1 buah, posyandu dan polides 1 buah, gedung sekolah PAUD 1 buah, gedung sekolah TK 1 Buah, gedung sekolah SD 1 Buah, mesjid 1 buah, mushola 1 buah, prasarana olahraga 2 buah, balai pertemuan 1 buah, sumur desa 1 buah, pasar desa 1 buah, pengelolaan air bersih 2 buah, MCK umum 3 buah dan jamban keluarga 50 buah.

Dana desa memang sudah dikelola, akan tetapi jika menggunakan dana desa saja tidak cukup untukmengejar ketertinggalan desa danau indah dengan desa-desa yang lain di kecamatan batulicin. Memang sungguh ironis, desa danau indah merupakan salah satu desa yang terletak di ibukota Kabupaten tetapi belum mengalami kemajuan pesat, oleh karena itu diharapkan bantuan dari pihak-pihak (SKPD terkait) untuk kemajuan desa ini baik dalam segi pembangunan desa (Infrastuktur) maupun pemberdayaan masyarakat desa (Pelatihan Skill dan Kewirausahaan).

Created By Yuli Agustini, S.Pd

Penggerak Swadaya Masyarakat Pertama

Disnakertranskop & UM Tanbu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *