Identifikasi Potensi Wilayah Desa Pakatellu Kec. Kusan Hilir

Identifikasi Desa Pakatellu dilakukan oleh PSM (Penggerak Swadaya Masyarakat) Disnakertranskop&UM. Dalam hal ini, tim PSM menggunakan metode wawancara dan observasi dengan berbekal instrumen identifikasi dan menjalin kerja sama dengan aparat Desa. Desa Pakatellu adalah sebuah desa yang 90% warganya bekerja sebagai petani. Pekerjaan tersebut didukung oleh wilayah Desa Pakatellu yang sebagian besar berupa lahan persawahan. Hal ini didukung oleh pernyataan dari Bapak Kepala Desa Pakatellu yaitu Bapak Hamaruddin. Menurut Bapak Kades Pakatellu kurang lebih 90% warga desanya bekerja sebagai petani. secara umum wilayah desa Pakatellu didominasi lahan pertanian berupa sawah tadah hujan. Permasalahan yang dihadapi oleh warga desa antara lain adanya keluhan mengenai belum adanya sarana irigasi untuk lahan sawah di desa Pakatellu sehingga sawah hanya bisa digarap satu tahun sekali atau saat musim penghujan. Kondisi tanah pertanian di desa Pakatellu juga tidak memungkinkan untuk ditanami tanaman selain padi, karena tanahnya berupa tanah liat yang kalau musim kemarau tanahnya pecah-pecah. Apabila musim panen tiba, harga gabah anjlok sehingga petani menjual gabahnya dengan harga murah.

Desa Pakatellu juga belum memiliki BUMDES karena kurangya dana yang dimilki oleh desa untuk membangun BUMDES. Selain itu adanya keluhan tentang pelatihan yang diadakan oleh disnakertranskop&um. Warga desa menginginkan pelatihan tersebut dilakukan di desa mereka. Mereka tidak bisa mengikuti pelatihan di tempat lain dengan alasan kendala transportasi dan takut jauh dari keluarga. Hal inilah menurut Kepala Desa menyebabkan rendahnya pendapatan masyarakat desa Pakatellu.

Potensi wilayah Desa Pakatellu:

Mengenai potensi desa belum dapat digali lebih jauh untuk lahan pertanian lain selain padi karena kondisi tanah yang tidak memungkinkan dan belum adanya sarana irigasi. Jadi potensi desa ini adalah Pertanian berupa sawah tadah hujan dan sedikit ternak serta tanaman pekarangan untuk kebutuhan warga sehari-hari. IMG-20170301-WA000720170301_101852

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *