Identifikasi Potensi Wilayah di Desa Sungai Binjai, Kecamatan Kusan Hilir

Desa Saring Sungai Binjai merupakan salah satu desa di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah bumbu. Dalam melakukan kegiatan identifikasi potensi wilayah dan kelompok sasaran ini, Penggerak Swadaya Masyarakat dari Disnakertranskop & Um Kabupaten Tanah Bumbu menggunakan metode PRA yang meliputi observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi (mempelajari data profil desa / monografi desa). Dari 3 tahapan kegiatan tersebut, maka diperoleh hasil identifikasi berupa 8 potensi yang dapat dikembangkan dari desa Saring Sungai Binjai, yaitu:

  1. Terdapatnya sungai besar yang melintasi wilayah desa Sunga Binjai.

Sungai ini memiliki dimensi ukuran yang cukup besar dengan debit air yang cukup besar pula.

  1. Pengrajin tenun.

Terdapat sekitar 5 orang yang dapat menggunakan alat tenun, 1 pengrajin rata-rata bisa menghasilkan 2 meter kain tenun perhari. Akan tetapi untuk saat ini yang aktif dalam kegiatan usaha membuat kain tenun hanya 1 orang, hal ini disebabkan karena permintaan pasar yang kurang menentu.

  1. Bahan baku bambu yang melimpah

Terdapat bahan baku bambu yang melimpah, tetapi selama ini belum dimanfaatkan untuk diolah menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi.

  1. Pengrajin gula merah

Terdapat beberapa masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin gula merah akan tetapi terdapat permasalahan berupa ketersediaan bahan baku getah pohon nira yang terbatas, sehingga menyebabkan kegiatan produksi kurang maksimal, padahal permintaan akan gula merah dengan bahan baku nira tergolong tinggi.

  1. Pertanian

Pertanian di desa Saring Sungai Binjai dapat digolongkan pertanian yang baik, karena dalam 1 tahun rata-rata dengan luas total sawah padi 600 ha dapat menghasilkan Rp. 12.000.000,-/ha, dengan biaya produksi yang meliputi biaya bibit sebesar Rp. 150.000,-/ha, biaya pupuk sebesar Rp. 1.600.000,-/ha, biaya obat sebesar Rp. 250.000,-/ha.

  1. Bahan baku singkong

Terdapat bahan baku singkong yang melimpah di desa Saring Sungai Binjai, tetapi selama ini hanya dijual kiloan.

  1. Lahan pekarangan

Luas total pekarangan yang terdapat di desa saring sungai binjai adalah 25 hektar, dengan 10 hektar lahan pekarangan yang tidak dimanfaatkan.

  1. Kebun jambu air

Terdapat warga yang memiliki kebun jambu air yang hasilnya cukup melimpah.

Berdasarkan hasil identifikasi potensi wilayah dan kelompok sasaran yang meliputi kegiatan observasi lapangan, wawancara pada aparat desa, dan study dokumentasi (mempelajari data monografi desa) maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa desa Saring Sungai Binjai memiliki bebrapa potensi yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat desa diwaktu mendatang. Yang diperlukan adalah sinergisitas antara pemerintah dengan pihak masyarakat setempat untuk bersama-sama mengembangkan potensi yang ada.

 

 

IMG-20170301-WA0004       IMG_20170301_095150

 

IMG_20170301_103947                   IMG_20170301_102313

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *